0 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Lip Sync Kamu | Asiavoiceover

Tips untuk Meningkatkan Kualitas Lip Sync Kamu

Melakukan mimik suara dalam lipsing bukan hal yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Ketepatan kata, ekspresi yang pas hingga gaya yang menarik saat membawakannya membuat pelaku lipsing / dubber / voice over talent dinilai berhasil melakukan pekerjaannya ini. Sebab menjadi ketrampilan tersendiri, kalian yang menekuni hobi bahkan profesi terkait lipsing perlu meningkatkan ketrampilan  ini.

Berikut tips sederhana yang kami sarakan :

  1. Memperbanyak referensi

Meski dianggap sebagian “hanya” menirukan orang, teknik lipsing yang baik tetaplah bukan hal yang sederhana. Definisi lipsing adalah sebagai seni tersendiri membuat pelakunya mesti memperbanyak referensi pelaku lipsing yang sudah ahli di bidang ini. Mengamati, mempelajari lipsing mereka dapat memberikan ilmu tersendiri. Banyak mendapatkan referensi bukan berarti kalian hanya menyalin gaya mereka loh, ya.

  1. Sering berlatih menghafal

Sebab lipsing adalah teknik yang banyak membutuhkan hafalan, latihlah diri sedini mungkin. Latihan menghafal bisa dilakukan dari teks yang sedikit dan sederhana terlebih dahulu sebelum bertahap ke lirik atau bahan yang lebih panjang.

  1. Bereksperimen dengan ekspresi wajah

Dalam lipsing, ekspresi wajah memainkan peran yang sangat penting. Melakukan ekspresi yang tepat mendukung lipsing yang maksimal. Mulailah berlatih mengasah ekspresi wajah dari hal yang sederhana. Carilah referensi ekspresi wajah atau bisa langsung melatihnya sendiri di depan cermin. Sebab lipsing adalah seni yang mirip dengan akting maka sering mengeksplorasi gaya lipsing sangat dianjurkan. Kebayang dong menirukan bibir orang lain tetapi ekspresi datar-datar saja?

  1. Mendokumentasikan melalui video

Cara terakhir yakni jika perlu dokumentasikan lipsing kalian dalam video. Dari video tersebut, kalian bisa mempelajari kemajuan teknik lipsing kalian selama waktu tertentu. Jika sudah merasa bagus, kalian bisa loh membagikannya di akun media sosial kalian atau akun YouTube kalian. Siapa tahu dari langkah terakhir ini kalian bisa mendapatkan klien atau project baru.

Semoga empat tips di atas dapat mendukung kreasi kalian agar lipsing menjadi semakin menyenangkan dan membawa rezeki yang menggiurkan. Sebab lipsing masuk ke dalam industri kreatif, diperlukan cara inovatif pula untuk memolesnya.